-->
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
SDN 131 Pince Pute
Mata Pelajaran : IPS
Kelas / Semester : IV / I
Alokasi Waktu : 2
x 35 menit
A.
Standar
Kompetensi
1. Memahami sejarah, kenampakan alam, dan
keragaman suku bangsa di
lingkungan kabupaten/kota
dan provinsi.
B.
Kompetensi
Dasar
1.1 Membaca peta
lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi) dengan
menggunakan skala sederhana.
C.
Indikator
a.
Kognitif
·
Menyebutkan komponen – komponen
peta
·
Menjelaskan fungsi komponen –
komponen peta
b.
Afektif
·
Aktif mengejakan tugas
·
Dapat memberikan tanggapan
c.
Psikomotor
·
Terampil menunjukkan letak
komponen – komponen peta
D.
Tujuan
Pembelajaran
a.
Kognitif
·
Siswa dapat menyebutkan komponen-
komponen peta
·
Siswa dapat menjelaskan fungsi
komponen-komponen yang terdapat pada peta
b.
Afektif
·
Siswa secara bersama-sama aktif
dalam mengerjakan tugas
·
Selama proses pembelajaran
berlangsung, siswa memiliki keberanian memberikan tanggapan
c.
Psikomotorik
·
Siswa dapat menunjukkan
komponen-komponen pada peta
E.
Materi
Pembelajaran
Komponen Peta
Peta memiliki kelengkapan penting agar mudah
dibaca dan dipahami.Kelengkapan tersebut dinamakan komponen peta.
Komponen-komponennpeta antara lain sebagai berikut:
1.
Judul peta
Judul
petamerupakan identitas atau nama untuk menjelaskan isi atau gambar peta. Judul
peta biasanya terletak di bagian atas peta. Judul peta merupakan komponen yang
penting. Biasanya sebelum memperhatikan isi peta, pasti seseorang terlebih dahulu
membaca judulnya.
2.
Legenda
Legenda merupakan keterangan yang berisi gambar-gambar atau
simbol-simbol beserta artinya. Legenda biasanya terletak di bagian pojok kiri
bawah peta
3. Skala
Skala merupakan perbandingan jarak antara dua
titik pada peta dengan jarak sebenarnya di permukaan bumi. Misalnya skala 1 :
200.000. Skala ini artinya 1 cm jarak pada peta sama dengan 200.000 cm atau 2
km jarak sebenarnya.
4. Simbol
Simbol merupakan lambang-lambang atau gambar
yang menunjukkan obyek alam atau buatan. Simbol peta harus memenuhi tiga syarat
yakni sederhana, mudah dimengerti, dan bersifat umum.
5. Mata angin
Mata angin merupakan
pedoman atau petunjuk arah mata angin. Mata angin pada peta biasanya berupa
tanda panah yang menunjuk ke arah utara. Mata angin sangat penting keberadaanya
supaya tidak terjadi kekeliruan arah.
6. Garis
astronomis
Garis astronomis merupakan garis khayal di
atas permukaan bumi. Garis astronomis terdiri dari dari garis lintang dan
garis bujur. Garis lintang merupakan garis dari timur ke barat sedangkan
garis bujur merupakan garis dari utara ke selatan.
7. Garis tepi
Garis tepi
merupakan garis yang dibuat mengelilingi gambar peta
untuk menunjukkan batas peta tersebut.
8. Tahun
pembuatan peta
Tahun pembuatan peta menunjukkan
kapan peta tersebut dibuat. Dari tahun pembuatan kita dapat mengetahui peta
tersebut masih sesuai atau tidak untuk digunakan saat ini.
9. Inset peta
Inset peta merupakan
gambar peta yang ingin diperjelas atau karena letaknya di luar garis batas
peta. Inset peta digambar bila diperlukan. Inset peta disebut juga peta
sisipan.
10. Tata warna
Tata warna merupakan
pewarnaan pada peta untuk membedakan obyek satu dengan yang lainnya. Misalnya
warna coklat menunjukkan dataran tinggi, hijau menunjukkan dataran rendah dan
biru untuk menunjukkan wilayah perairan.
F. Kriteria Ketuntasan Minimal :
KKM KD 1.1 : 60 %
(dari 0 – 100)
G.
Model
dan Metode Pembelajaran
·
Model
Pembelajaran
§ Kooperatif
tipe STAD
·
Metode
Pembelajaran
§ Ceramah
§ Diskusi
§ Tanya
jawab
§ Penugasan
H.
Kegiatan
Pembelajaran
No
|
Tahapan
Kegiatan
|
pengorganisasian
|
|
Waktu
|
siswa
|
||
A
|
Kegiatan
Awal
|
10
menit
|
|
1.
Mengecek kesiapan belajar siswa , ruang kelas,
absensi dan media yang akan digunakan dalam pembelajaran.
2.
Menciptakan suasana yang menyenangkan dan memotivasi
siswa untuk belajar dengan cara Tanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari. (apersepsi)
|
5
menit
5
menit
|
Klasikal
Klasikal
|
|
B
|
Kegiatan
Inti
|
50
menit
|
|
1.
Guru menyajikan pelajaran
2.
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang
beranggotakan 4 orang secara
heterogen.
3.
Guru memberi tugas kepada kelompok untuk
dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok.
4.
Tiap kelompok mendiskusikan tugas yang diberikan
guru. Anggotanya tahu menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota
dalam kelompok itu mengerti.
5.
Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa.
Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu
6.
Memberi evaluasi
|
5
menit
5
menit
5
menit
15
menit
10
menit
10
menit
|
Klasikal Kelompok
Kelompok
Kelompok
Klasikal
Klasikal
|
|
C
|
Kegiatan
Akhir
|
10
menit
|
|
1.
Guru membimbing siswa menyimpulkan materi pelajaran.
2.
Pemberian tindak lanjut atau PR
3.
Guru memberikan nasihat
|
5
menit
4
menit
1
menit
|
Klasikal
Klasikal
Klasikal
|
I.
Penilaian
§ Teknik
·
Kognitif : Dilakukan pada akhir pembelajaran dilakukan melalui
tertulis
·
Afektif : Dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung
melalui observasi
·
Psikomotorik : Melalui unjuk kerja
§ Bentuk
·
Tes uraian
·
Lembar observasi
·
Format Penilaian
·
Unjuk Kerja
§ Instrumen Penilaian
a.
Instrumen
penilaian kognetif :
1.
Apakah
fungsi komponen pada peta ?
2.
Sebutkan
5 komponen yang ada peta ?
3.
Apa
arti skala 1 : 1.500.000 ?
Kunci Jawaban:
1.
Agar peta mudah dibaca dan dipahami
2.
Judul
peta, skala, legenda, simbol, mata angin
3.
artinya 1 cm jarak pada peta sama dengan 1.500.000 cm atau 1,5
km
jarak sebenarnya
Rubrik Penilaian
Nomor Soal
|
Aspek Yang di
Nilai
|
Skor
|
1 – 3
|
Jawaban
Lengkap
|
3
|
Jawaban
Kurang Lengkap
|
2
|
|
Jawaban
salah
|
1
|
|
Tidak
ada jawaban
|
0
|
Skor Akhir = x
10
b.
Instrumen
Penilaian Sikap
No
|
Aspek Yang dinilai
|
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Kerjasama
|
|||||
2
|
Keaktifan
|
Skor
Akhir = x 10
c.
Instrumen
Penilaian psikomotorik
Unjuk Kerja
J.
Media dan Sumber
1.
Media :
Peta
2.
Sumber : Buku paket IPS Kelas IV SD,
Penerbit Erlangga
Mamuju, 10 Juli 2011
Mengetahui
Kepala
Sekolah
Guru Kelas
.................................. ...................................
NIP.
NIP.-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar