RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : SDN 131 PINCEPUTE
MATA PELAJARAN :
Ilmu Pengetahuan Alam
KELAS/SEMESTER :
VI (Enam)/ I (Ganjil)
ALOKASI WAKTU :
2
x 35 Menit
I.
STANDAR KOMPETENSI
1.
Memahami
hubungan antara ciri-ciri mahluk hidup dengan lingkungan tempat tinggalnya.
II.
KOMPETENSI DASAR
1.1 Mendeskripsikan hubungan antara
ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (bebek, cicak dan kelelawar)
III.
INDIKATOR
1.
Kognitif
a.
Proses
:
Menunjukkan
ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan tertentu (bebek, cicak dan kelelawar)
b.
Produk :
·
Menyebutkan
ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan tertentu
·
Menjelaskan
fungsi ciri khusus yang dimiliki hewan tertentu
2.
Afektif :
a.
Karakter:
·
Aktif
mengerjakan tugas
b.
Sosial
:
·
Dapat
bekerja sama dengan teman kelompok
3.
Psikomotorik
:
·
Terampil
menunjukkan ciri-ciri khusus pada bebek, cicak dan kelelawar melalui gambar
·
Membuat
gambar ciri khusus yang dimiliki pada bebek, cicak dan kelelawar.
IV.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.
Kognitif :
Proses
:
a.
Setelah
berdiskusi dalam model tim ahli, secara mandiri dan tanpa membuka buku siswa dapat menyebutkan ciri-ciri khusus pada
hewan tertentu dengan baik dan benar
b.
Setelah
diberikan teks tentang ciri-ciri khusus
pada hewan tertentu siswa dapat menyebutkan fungsi pada hewan tersebut dengan
baik dan benar.
Produk/
Hasil:
a.
Secara
mandiri dan tanpa membuka buku siswa dapat menuliskan ciri-ciri yang dimiliki
pada hewan tersebut
b.
Setelah
diberikan teks siswa dapat menyebutkan fungsi dari ciri khusus yang dimiliki pada
hewan tersebut
2.
Afektif :
Karakter:
a.
Siswa
dapat mengerjakan tugas perorangan dan
kelompok secara aktif
Sosial
:
a.
Siswa
dapat bekerja sama dengan teman kelompok
3.
Psikomotorik
:
a.
Siswa
dapat menunjukkan ciri-ciri khusus pada hewan tertentu misalnya : bebek, cicak
dan kelelawar melalui gambar dengan terampil
b.
Siswa
dapat Membuat gambar ciri khusus yang dimiliki pada bebek, cicak dan kelelawar
V.
MATERI POKOK / PEMBELAJARAN
Ciri-ciri
khusus beberapa jenis hewan
VI.
MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
1.
Model
Pembelajaran : Model pembelajaran
kooperatif (jigsaw/model tim ahli)
2.
Metode
pembelajaran : Kerja kelompok,
inquary, tanya jawab dan penugasan
VII.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN
|
WAKTU
|
1.
Kegiatan
Awal
a. Apersepsi
-
Guru
mengajak semua siswa berdoa
b. Orientasi
Menjelaskan
langkah-langkah pembelajaran atau kompetensi dasar yang ingin di tempuh
c. Motivasi
Guru
mengajak siswa menyanyikan lagu cicak-cicak
di dinding
|
10Menit
|
2. Kegiatan Inti
• Guru menjelaskan materi yang
akan diajarkan
• Tanya jawab singkat tentang
hewan yang ada dalam lagu cicak-cicak
di dinding
• Siswa
dikelompokkan menjadi beberapa kelompok
• Siswa
mengamati gambar yang telah disediakan (gambar bebek, cicak, kelelawar)
• Masing-masing
kelompok diberi kesempatan untuk menjelaskan ciri-ciri khusus yang terdapat pada
gambar yang telah disediakan guru.
|
50 menit
|
3. kegiatan akhir
·
Guru
bersama dengan siswa menyimpulkan materi pembelajaran
·
Guru
memberikan penghargaan berupa kata-kata pujian kepada siswa dan memberi nilai
yang lebih tinggi kepada kelompok yang hasil belajarnya lebih baik.
·
Guru
menyampaikan pesan-pesan moral
·
Guru
menyampaikan salam penutup sebagai tanda berakhirnya pembelajaran.
|
10 menit
|
VIII.
PENILAIAN
1.
Penilaian
kognitif
a. penilaian proses(terlampir)
b. penilaian produk (terlampir)
2.
penilaian
afektif (terlampir)
3.
penilaian
psikomotorik (terlampir)
IX.
SUMBER BELAJAR DAN MEDIA
PEMBELAJARAN
1.
KTSP
2006/Kurikulum Sekolah
2.
Standar
isi mata pelajaran IPA Sekolah Dasar
3.
Buku
paket IPA kelas VI penerbit : Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional
4.
Beberapa
Model Hewan bebek, cicak dan kelelawar.
Lampiran
:
Penilaian
kognitif
Penilaian
proses
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
skor yg dicapai
|
Skor maksimum
|
Ket.
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
.
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
1.
Kemampuan
mengemukakan pendapat dalam berdiskusi
2.
Kemampuan
bertanya dalam berdiskusi
3.
Kemampuan
mempertahanklan pendapat dalam berdiskusi
4.
Penguasaan
subtansi materi yang telah didiskusikan
5.
Kemampuan
mengutarakan hasil diskusi.
Baik
mendapat skor 2
Tidak
baik mendapat skor 1
Nilai
akhir : x 100
Penilaian
produk :
Jawablah
dengan benar:
1.
Tuliskan
2 ciri khusus yang dimiliki bebek !
2.
Bagaimana
cara cicak melindungi diri dari musuh!
3.
Kelelawar
dapat menerkam mansanya pada malam hari karena mempunyai kemampuan?
Kunci jawaban
1. - Kaki berselaput
-
Memiliki kelenjar minyak pada bulu
2. Dapat
memutuskan ekornya (Outotomi)
3. Karena
mempunyai kemampuan ekolokasi (kemampuan mendeteksi benda di sekitarnya dengan
gelombang bunyi)
·
Tekhnik Penilaian
Nomor Soal
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
|
1.
|
Jawaban
lengkap
|
2
|
2 jawaban
benar
|
2
|
|
1 jawaban
benar
|
1
|
|
Tidak ada
jawaban benar
|
0
|
|
|
|
|
2.
|
Jawaban Benar
|
2
|
Jawaban salah
|
0
|
|
|
|
|
3.
|
Jawaban Benar
|
2
|
Jawaban salah
|
0
|
SkorPerolehan
x 100
x 100
Mengetahui
Kapala
Sekolah
|
Makassar,
14 Juli 2011
Guru
Kelas
|
……………………………….
NIP.
|
KADDING
NIP: -
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar