Senin, 19 Agustus 2013

RPP BERKARAKTER IPA KLS VI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

NAMA SEKOLAH                              :  SDN 131 PINCEPUTE
MATA PELAJARAN                           :  Ilmu Pengetahuan Alam
KELAS/SEMESTER                            :  VI (Enam)/ I (Ganjil)
ALOKASI WAKTU                             :  2  x  35 Menit

       I.            STANDAR KOMPETENSI
1.      Memahami hubungan antara ciri-ciri mahluk hidup dengan lingkungan tempat tinggalnya.

    II.            KOMPETENSI DASAR
1.1  Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (bebek, cicak dan kelelawar)

 III.            INDIKATOR
1.      Kognitif
a.       Proses :
Menunjukkan ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan tertentu (bebek, cicak dan kelelawar)
b.      Produk :
·         Menyebutkan ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan tertentu
·         Menjelaskan fungsi ciri khusus yang dimiliki hewan tertentu
2.      Afektif       :
a.       Karakter:
·         Aktif mengerjakan tugas
b.      Sosial :
·         Dapat bekerja sama dengan teman kelompok
3.      Psikomotorik :
·         Terampil menunjukkan ciri-ciri khusus pada bebek, cicak dan kelelawar melalui gambar
·         Membuat gambar ciri khusus yang dimiliki pada bebek, cicak dan kelelawar.

  IV.            TUJUAN PEMBELAJARAN  :
1.      Kognitif     :
Proses :
a.       Setelah berdiskusi dalam model tim ahli, secara mandiri dan tanpa membuka buku  siswa dapat menyebutkan ciri-ciri khusus pada hewan tertentu dengan baik dan benar
b.      Setelah diberikan teks tentang  ciri-ciri khusus pada hewan tertentu siswa dapat menyebutkan fungsi pada hewan tersebut dengan baik dan benar.
Produk/ Hasil:
a.       Secara mandiri dan tanpa membuka buku siswa dapat menuliskan ciri-ciri yang dimiliki pada hewan tersebut
b.      Setelah diberikan teks siswa dapat menyebutkan fungsi dari ciri khusus yang dimiliki pada hewan tersebut
2.      Afektif       :
Karakter:
a.       Siswa dapat  mengerjakan tugas perorangan dan kelompok secara aktif
Sosial :
a.       Siswa dapat bekerja sama dengan teman kelompok
3.      Psikomotorik :
a.       Siswa dapat menunjukkan ciri-ciri khusus pada hewan tertentu misalnya : bebek, cicak dan kelelawar melalui gambar dengan terampil
b.      Siswa dapat Membuat gambar ciri khusus yang dimiliki pada bebek, cicak dan kelelawar


     V.            MATERI POKOK / PEMBELAJARAN
Ciri-ciri khusus beberapa jenis hewan

  VI.            MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
1.      Model Pembelajaran          : Model pembelajaran kooperatif (jigsaw/model tim ahli)
2.      Metode pembelajaran        : Kerja kelompok, inquary, tanya jawab dan penugasan





VII.            KEGIATAN PEMBELAJARAN

KEGIATAN
WAKTU
1.      Kegiatan Awal
a.       Apersepsi
-          Guru mengajak semua siswa berdoa
b.      Orientasi
Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran atau kompetensi dasar yang ingin di tempuh
c.       Motivasi
Guru mengajak siswa menyanyikan lagu cicak-cicak di dinding



10Menit
2.      Kegiatan Inti
       Guru menjelaskan materi yang akan diajarkan
       Tanya jawab singkat tentang hewan  yang ada dalam lagu cicak-cicak di dinding
       Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok
       Siswa mengamati gambar yang telah disediakan (gambar bebek, cicak, kelelawar)
       Masing-masing kelompok diberi kesempatan untuk menjelaskan ciri-ciri khusus yang terdapat pada gambar yang telah disediakan guru.
50 menit
3.      kegiatan akhir
·         Guru bersama dengan siswa menyimpulkan materi pembelajaran
·         Guru memberikan penghargaan berupa kata-kata pujian kepada siswa dan memberi nilai yang lebih tinggi kepada kelompok yang hasil belajarnya lebih baik.
·         Guru menyampaikan pesan-pesan moral
·         Guru menyampaikan salam penutup sebagai tanda berakhirnya pembelajaran.
10 menit

VIII.            PENILAIAN
1.      Penilaian kognitif
a. penilaian proses(terlampir)
b. penilaian produk (terlampir)
2.      penilaian afektif (terlampir)
3.      penilaian psikomotorik (terlampir)

  IX.            SUMBER BELAJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1.      KTSP 2006/Kurikulum Sekolah
2.      Standar isi mata pelajaran IPA Sekolah Dasar
3.      Buku paket IPA kelas VI penerbit : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
4.      Beberapa Model Hewan bebek, cicak dan kelelawar.

Lampiran :
Penilaian kognitif
Penilaian proses
No.
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
skor yg dicapai

Skor maksimum
Ket.
1
2
3
4
5



1.









2.




.




3.










Keterangan :
1.      Kemampuan mengemukakan pendapat dalam berdiskusi
2.      Kemampuan bertanya dalam berdiskusi
3.      Kemampuan mempertahanklan pendapat dalam berdiskusi
4.      Penguasaan subtansi materi yang telah didiskusikan
5.      Kemampuan mengutarakan hasil diskusi.
Baik mendapat skor 2
Tidak baik mendapat skor 1
Nilai akhir : x 100



Penilaian produk :
Jawablah dengan benar:
1.      Tuliskan 2 ciri khusus yang dimiliki bebek !
2.      Bagaimana cara cicak melindungi diri dari musuh!
3.      Kelelawar dapat menerkam mansanya pada malam hari karena mempunyai kemampuan?

Kunci jawaban
1.      -   Kaki berselaput
-       Memiliki kelenjar minyak pada bulu
2.      Dapat memutuskan ekornya (Outotomi)
3.      Karena mempunyai kemampuan ekolokasi (kemampuan mendeteksi benda di sekitarnya dengan gelombang bunyi)

·         Tekhnik  Penilaian
Nomor Soal
Aspek Yang Dinilai
Skor
1.
Jawaban lengkap
2
2 jawaban benar
2
1 jawaban benar
1
Tidak ada jawaban benar
0



2.
Jawaban Benar
2
Jawaban salah
0



3.
Jawaban Benar
2
Jawaban salah
0


SkorPerolehan
 x 100

Mengetahui
Kapala Sekolah
Makassar, 14 Juli 2011
Guru Kelas





……………………………….
NIP.




KADDING
NIP:  -












Tidak ada komentar:

Posting Komentar