DAFTAR PUSTAKA
Depdiknas. 2001. Buku 1 Manajemen Peningkatan Mutu
Pendidikan Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdikbud.
________.2001b.
Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.
DePorter, Bobbi. 2002. Quantum Teaching. Boston:
Allyn Bacon.
Suryosubroto. 1997. Proses Belajar-Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Suyanto. 2000. Refleksi dan Reformasi Pendidikan di
Indonesia Memasuki Milenium III. Yogyakarta: Adicita.
Usman, Moh Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
William, LV. 1983. Teaching for The Two Sided.
Englewood Cliffs New Jersey: Prentice Hall.
Yusak, Muchlas.
2003. Wawasan Kependidikan, Empat Pilar Pendidikan. Semarang: Lembaga
Penjamin Mutu Pendidikan.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.
Jakarta: Rineka Cipta.
Jakarta: Rineka Cipta.
Djazuli, Ahmad, dkk. 2000. Quantuum Learning: Membiasakan Belajar
Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.
Depdikbud. 2002. Model-Model Pembelajaran Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah
Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta. PGSM.
Depdiknas.
2003. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun
2003, tentang Sistem
Pendidikan
Nasional.
Dianawati, Ajen. 2005. Mengenal
Alam dan Budaya Indonesia. Jakarta: Wahyu Media.
Dimyati & Mudjiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:
Rineka Cipta.
Eggen dan Kauchak (Sunaryo). 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi
Aksara.
Kasbolah, Kasiani. 1999. Penelitian Tindakan Kelas. Depdikbud:
Jakarta.
Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi
Aksara
De Porter dan Hernacki. 2001. Model Quantum Learning. Yogyakarta:
Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.
DePorter, Bobbi. 2002. Quantum
Teaching. Boston: Allyn Bacon.
Poerwadarminta. 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta:
Depdiknas.
Sudjana, N. 1997. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Algensindo.
Suhadjano. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Sujono. 2004. Pembelajaran Quantum Learning. Bandung: Aglesindo.
Suryabroto. 1997. Hakekat Inovasi Pembelajaran. Bandung: Rineka Cipta.
Usman, Moh Uzer. 2000. Menjadi Guru
Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
DAFTAR
PUSTAKA
Abdurrahman,
M. 1999. Pendidikan Bagi Anak
Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas.
2003. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun
2003, tentang Sistem
Pendidikan Nasional.
Depdiknas.
2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006. Tentang
Standar Isi.
Fraenkel,
Jack R. 1980. Helping students think value strategies for teaching social
studies. New Jersey: Prentice-Hall.
Gofur, Abdul. 1993. Desain Instruksional Suatu Langkah Sistematis Penyusunan Pola Dasar
Kegiatan Belajar dan Mengajar Solo: Tiga Serangkai.
http://ilhoe.wordpress.com/materi/.
Pengertian diskusi menurut Achsin.
diakses tanggal 12 Juni 2012.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2005. Jakarta:
Depdiknas.
Kososih Etin Solihatin. 2007. Cooperative Learning Analisis
Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.
Kemmis dan Teggart. 1988. The Action Research Planner. Deakin Univercity
Kenworthy, Leonard S.1981. Social studies for the
eighties. Canada: John Wiley & Sons.
Mariana, Andi. 2004. Pengaruh Diskusi Kelompok Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia.
Skripsi. Makassar; Universitas Negeri Makassar.
Martorella, P.H. 1994. Social studies for
elementary school children, developing
young
citizen. New York: Merill.
Passe Jeff. 1999. Elementary School Curriculum. Jakarta. USA; Mc-GraHill.
Romlah, Tatiek. 1989. Teori dan Praktek Bimbing Kelompok. Jakarta: P2LPTK.
Sudjana, dkk. 1989. Pedoman Praktek Mengajar. Bandung; Depdikbud.
Samana, A. 1992. Sistem
Pengajaran. Jakarta; Kanisius.
Syafei, Iman, Dkk. 1998. Pendekatan Pengajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas.
Wiyanto, Asrul. 2000. Seni Terampil Diskusi. Jakarta: Grafindo.
DAFTAR
PUSTAKA
Abdul Haling. 2006. Belajar dan
Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Anonim. 2006. Pembelajaran. Artikel Ilmu Pendidikan, (Online), (http://learning-with-me.blogspot.com, diakses 03 Mei 2008).
Anonim. 2008. Model Pembelajaran Inovatif. Artikel
Ilmu Pendidikan, (Online), (http://smp.kps.sch.id,
diakses 9 April 2008)
Arnidah, dkk. 2005.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mata Diklat Matematika untuk Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Devision) Siswa di
SMKN 1 Makassar. Jurnal Pendidikan.
2, (3): 282.
Merita Wijayanti K.
2007. Peningkatan Kemampuan
Menyelesaikan Soal-Soal Aplikatif
Melalui Strategi Bertukar Pasangan pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1
Sengkang. Skripsi tidak
diterbitkan. Makassar: FMIPA Universitas Negeri Makassar.
Muslich Masnur.
2007. KTSP Dasar Pemahaman dan
Pengembangan. Jakarta : Bumi Aksara.
Sanjaya, Wina.
2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slameto. 2003. Belajar
dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. 1989. Metoda Statistika Edisi ke 5. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2006.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:
Alfabeta.
Munir Tanrere, dkk.
2005. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement
Devisions untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal
Pendidikan, 2, ( 3): 242-269.
DAFTAR PUSTAKA
Depdiknas. 2003. Pendekatan Kontekstual (Contextual
Teching And Learning). Dirjen Dikdasmen
Departemen Pendidukan Nasional. (2006). Panduan
Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan ( KTSP ) SD/MI. Jakarta : Depdiknas.
Djumanta, Wahyudin. 2005. Mari
Memahami Konsep IPA Untuk Kelas V Sekolah Dasar, Bandung : Grafindo Media
Pratama.
Fisher. Muh. Amin. 1987. Asas-Asas Praktik Mengajar Sains.
Jakarta: Bharata.
Harmija. 2005. Peningkatan Hasil
Belajar IPA Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas V Sangir Makassar.
Skripsi: PGSD UNM.
Hudoyo, Herman. 1990. Strategi
mengajar belajar IPA, Malang : IKIP Malang.
Slameto, 1995. Belajar dan
Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sumaji, Soehakso, Mangun Wijaya, dkk.
(1998). Pendidikan Sains yang Humanistis. Yogyakarta: Kanisus.
Sudjana, Nana. 1996. Cara
Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru
Algesindo.
Suharsini.
1997. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Suharsini, Suhardjono, Supardi.2006. Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudjana,
Nana. 1989. Penilaian Hasil Belajar Mengajar . Bandung: Sinar Baru.
Tiro,
Arif. 2002. Statistika Dasar. Makassar: Andira Publisher.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsini, 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan
Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Ali, Muhammad. 1987. Guru dalam Proses Belajar Mengajar.
Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Bundu dan Kasim. 2008. Konsep Dasar IPA. Makassar: Universitas
Negeri Makassar.
Darmodjo. 1993. Pendidikan IPA II. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyanti. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:
Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Panduan
Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan ( KTSP ) SD/MI. Jakarta : Depdiknas.
Djamarah dan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:
Rineka Cipta.
Ibrahim dan Nana Syaodih.
2003. Perencanaan Pengajaran.
Jakarta: Rineka Cipta.
Khaeruddin. 2005. Pembelajaran Sains (IPA) Berdasarkan KBK. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Khalik, Abdul. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Pare-pare:
Universitas Negeri Makassar.
Kemmis dan Teggart. 1988. The Action Research Planner. Deakin
Univercity.
Moedjiono dan Dimyanti. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:
Depdikbud
Nurohman, Sabar. 2009. Penerapan Pendekatan STM dalam Pembelajaran
IPA sebagai Upaya Meningkatkan Life Skills Peserta Didik. http://www.chass.ncsu.edu/ids/sts
diakses tanggal 20 Juni 2012.
Rifai. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar dalam CBSA.
Jakarta: Rineka Cipta.
Syaiful Bahri, Djamarah.
2005. Guru dan Anak Didik. Jakarta:
Rineka Cipta.
Sriyono. 1992. Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta:
Rineka Cipta.
Sudjana, Nana.
2005.
Dasar-Dasar
Proses Belajar Mengajar.
Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Thamrin. 1995. Pendidikan IPA Sains di SD. Jakarta: Rumin Pustaka Jaya
Tim Bina Karya Guru. 2008. IPA SD kelas IV. Jakarta: Erlangga.
DAFTAR PUSTAKA
Ali, Muhammad. 1987. Guru dalam Proses Belajar Mengajar.
Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Badan Standar Nasional
Pendidikan. 2006. Standar Isi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Bundu dan Kasim. 2008. Konsep Dasar IPA. Makassar: Universitas
Negeri Makassar.
Dimyanti. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri.
2005. Guru dan Anak Didik. Jakarta:
Rineka Cipta.
Djamarah dan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:
Rineka Cipta.
Kemmis dan Teggart. 1988. The Action Research Planner. Deakin
Univercity.
Khalik. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Pare-pare:
Universitas Negeri Makassar.
Moedjiono dan Damyanti. 1991. Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Nana Sujana. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Roestiyah N.K. 2001.Strategi
Belajar Mengajar. Jakarta:
Rineka
Cipta.
Schoenherr, Palendeng. 2003. Strategi Pembelajaran Sains. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
DAFTAR PUSTAKA
Djamarah,
Syaiful Bakri, 1994. Prestasi Belajar
Kompetensi Guru. Surabaya: PT. Usaha Nasional
Hamalik, O 2004. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi
Aksara
Harahap.
1991. Bimbingan ke Arah Belajar yang
sukses.Penerbit Rineka Cipta.
Mulyasa.
2007. Menjadi Guru Profesional;
Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya
Munandar,
Utami. 1991. Berbagai Masalah Pendekatan
dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Poerwadarminta
W.J.S. 1976. Kamus Umum Bahasa Indonesia.
Jakarta: PT. Balai Pustaka
Purwanto,
Ngalin. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung:
PT. Remaja Karya
Seto. 2004. Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia di
SD. Jakarta: Rieneka Cipta.
Slameto.
1991. Belajar dan Fakor-faktor yang
Mempengaruhi. Jakarta: Pt. Bina
Karya
Subana
dan Sumarti. 2005. Strategi Belajar
Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pusaka Setia.
Tarigan,
HG. 1991. Motodologi Pengajaran Bahasa
-2. Bandung: Angkasa
Tim
Penyusun kamus Pusat Bahasa. 2001. Kamus
Besar Bahasa Indonesi, Ed. 3. Jakarta: Balai Pustaka.
Wiriaatmadja,
Rochiati Prof.Dr. 2005. Metode Penelitian
Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
DAFTAR
PUSTAKA
Anni,
Chatarina Tri, dkk. 2005. ”Psikologi Belajar”. Semarang : UPT UNNES
Press.
Arifin,
Zaenal. 1991. ”Evaluasi Interaksional : Prinsip, Teknik, Prosedur”. Bandung:
PT. Remaja Rosdakarya.
Arikunto,
Suharsimi. 2002. ”Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan”. Jakarta : PT. Rineka
Cipta.
------------------------.
2002. “Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek”. Jakarta : PT.
Rineka Cipta.
------------------------.
2006. ”Penelitian Tindakan Kelas”. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Darsono,
Max, dkk. 2002. ”Belajar dan Pembelajaran”. Semarang : CV. IKIP Semarang
Press.
Djamarah,
Syaiful Bahri. 2002. ”Psikologi Belajar”. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Hasibuan,
J.J. dan Mudjiono. 2000. ”Proses Belajar Mengajar”. Bandung : PT. Remaja
Rosdakarya.
Hastuti,
Widya. 2003. ”efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran STAD untuk Mengajarkan
Sistem Linier Dua Peubah Siswa Kelas 2 Semester II SLTP N 24 Semarang Tahun
Pelajaran 2002/2003”. Skripsi. FMIPA UNNES.
Ibrahim,
Muslimin, dkk. 2002. ”Pembelajaran Kooperatif”. Surabaya : University
Press.
Lie,
Anita. 2002. ”Cooperative Learning : Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-ruang
Kelas”. Jakarta : PT. Gramedia.
Mulyasa,
E. 2004. “Kurikulum Berbasis Kompetensi : Konsep, Karakteristik, dan Implementasi”.
Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Nasution,
S. 2002. ”Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar”. Bandung :
PT. Bumi Aksara.
Nurhadi.
2004. ”Kurikulum 2004 : Pertanyaan dan Jawaban”. Jakarta : PT. Grasindo.
Nur,
Muhammad. 2005. ”Pembelajaran Kooperatif”. Jawa Timur : Depdiknas.
Poerwadarminta.
1995. ”Kamus Umum Bahasa Indonesia”. Jakarta : Balai Pustaka. Ritonga,
dkk. 1999. ”Pelajaran Ekonomi 2 untuk SMU Kelas XI”. Jakarta : Erlangga.
Saptono,
Sigit. 2003. ”Paparan Kuliah Strategi Belajar Mengajar Biologi”. Semarang
: Jurusan Biologi FMIPA UNNES.
Sardiman,
A.M. 2004. ”Inetaksi dan Motivasi Belajar Mengajar”. Jakarta : PT. Raja
Grafindo Persada.
Setyorini,
Rahayu. 2003. “Perbandingan Hasil Belajar Matematika antara Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Jigsaw dan STAD pada Pokok bahasan Sistem Persamaan
Linier pada Siswa Kelas I Semester II SMU N I Guntur Kabupaten demak
tahun Pelajaran 2002/2003”. Skripsi. FMIPA UNNES.
Sudjarwo,
H. 2001. “ Metodologi Penelitian Sosial”. Bandung : Mandar Maju.
Supardi.
2006. ”Penelitian Tindakan Kelas”. Jakarta : Bumi Akasara.
Sudikin,
dkk. 2002. ”Manajemen Penrlitian Tindakan Kelas”. Insan Cendekia.
St.
Sunarto. 2005. ”Bagaimana Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom
Action Research)”. Regional Education Development and Improvement Program
(REDIP) : JICA.
Sutarto,
Joko. 1999. “Pengantar Pendidikan”. Semarang : CV. IKIP Semarang Press.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar